LANGKAH-LANGKAH SERTA MATERI YANG COCOK UNTUK MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE

Hasil gambar untuk model inside outside circle
Spencer Kagan mengemukakan Teknik mengajar lingkaran besar dan lingkaran kecil (inside – outside – circle) untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan. Menggunakan model pembelajaran inside out circle akan membuat suasana kelas menjadi aktif. Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik ini adalah bahan yang membutuhkan pertukaran pikiran dan informasi antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini adalah adanya struktur yang jelas yang memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat danteratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inside out circle :
  1. Separuh kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar.
  2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran diluar lingkaran pertama menghadap ke dalam.
  3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
  4. Kemudian siswa yang di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang di lingkaran besar bergeser, satu atau dua langkah searah jarum jam.
  5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi demikian seterusnya.
  6. Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Kelebihan :
Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat yang bersamaan.
Kekurangan :
  • Membutuhkan ruang kelas yang besar.
  • Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.

Materi yang cocok dengan model pembelajaran.
1. IPA kelas 5 Bab V
  • Penyesuaian Makhluk Hidup
  • Penyesuaian diri pada hewan
  • Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
  • Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
  • Penyesuaian diri pada tumbuhan
  • Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
  • Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.

Alasan :
Pada pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil) ini. Terlebih dahulu guru menyampaikan informasi dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut kelompok kami materi penyesuaian makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru tentang penyesuaian makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga pada saat anak membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil yang selanjutnya anak akan menyampaikan informasi, anak mudah mengingat informasi yang akan dia sampaikan kepada teman pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa informasi yang berbeda untuk teman pasangannya.


2. IPA Kelas 5 Bab XIV
     Sumber Daya Alam
  • Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
  • Penggunaan Sumber Daya Alam
  • Mineral
  • Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi

Alasan :
Pada pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). Menurut kelompok kami materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - lingkaran kecil) karena materinya dapat dikembangkan oleh anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi tentang kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi, jika guru menggunakan soal pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan informasi untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan kepada beberapa anak, karena kemungkinan jawaban yang akan mereka dapat dari teman pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan mudah dipahami oleh anak karena materi ini dapat disampaikan dengan singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan dikembangkan oleh anak. 

Demikian pembahasan tentang langkah-langkah serta materi yang cocok untuk model pembelajaran  outside - inside - circle


Created by : Agus Sardi, S. Pd

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "LANGKAH-LANGKAH SERTA MATERI YANG COCOK UNTUK MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE"

  1. Model pembelajaran yang menarik untuk diterapkan. Semoga segenap tenaga pendidik senantiasa diberi kesehatan dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mungkin intinya dlm belajar di jelas murid2 sllu aktif, krna tahu sendiri skrang kadang2 ada yg fokus belajar, ada yg main2, jd tdk serius dlm bljar sehingga materi yg disampaikan tdk diserap atau diterima oleh murid tsb, barangkali begitu ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali pak, makanya salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran yang efektif, terima kasih kunjungan dan komentar nya

      Delete
  4. Salam kunjungan Imah. Model pembelajaran berkualiti akan meningkatkan mutu pendidikan

    ReplyDelete
  5. Berkunjung kembali Kawan, selamat belajar.

    ReplyDelete

Follow by Email